WOTA

Wota itu adalah orang-orang yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mendukung dan mengikuti perkembangan idol-idol mereka. Antusiasme dan obsesi yang mereka punya lebih tinggi dari fans.

Banyak orang yang tidak tahu menganggap Wota itu nama Fans JKT48. Wota itu sebenarnya asal katanya dari Otaku(オタク), dulu konotasi-nya negatif, sering di gambarkan sebagai orang anti-sosial yang tidak pernah keluar rumah, tapi seiring waktu konotasi nya berubah dan Otaku ditulis sebagai wotaku(ヲタク – dibaca “Ootaku”) untuk membedakan dari konotasi Otaku yang dulu. Wotaku(ヲタク)juga bisa disebut wota(ヲタ – dibaca “Oota”). Definisi Otaku adalah “orang yang punya dedikasi tinggi terhadap hobby-nya”.

Otaku adalah subculture yang umumnya mengarah pada penggemar anime dan manga, tapi wota juga banyak macamnya contohnya Seiyuu (voice actress) wota, Idol wota, Maid wota, Train wota (Railfan), Figure wota, Anime wota, dll. lalu muncul nama lain dari nama-nama wota tersebut. Contohnya: Anime wota -> Aniwota, Maid wota -> Maidsuki. Tidak  tahu kenapa yang otaku idol ini berubah jadi wota, sebutan istilah WOTA bukan cuma buat AKB48 tapi juga grup lain di Jepang seperti Hey Say Jump , EXILE , Morning Musume , Duo Pink Lady dsb.

Ada wota yang buat kue ulang tahun untuk ultah Idolnya dan merayakannya sendiri. Meluk guling gambar oshi-nya sampe tidak mau lepas. Dekorasi nuansa Idol di mobil ataupun kamar juga bisa digunakan sebagai contoh. Koleksi barang-barang yang berbau Idol juga bukan hal yang jarang.

Bagaimana caranya tahu kalau saya seorang WOTA?

Karena wota ini sifatnya kultural jadi sulit untuk memberi klasifikasi yang akurat. Jadi yang bisa menentukan seseorang itu wota atau bukan ya hanya diri sendiri. Jangan percaya pada penilaian orang lain dan juga jangan menilai orang lain. Yang tahu seberapa besar dukungan seseorang terhadap si Idol hanya orang itu sendiri. Kalau memang perasaan itu sudah masuk dalam tingkat wota maka orang itu seorang wota.

Pada dasarnya Fans atau Wota tujuannya sama, menSupport Idola kita, jadi Jangan berhenti dukung Idol yang kalian suka. Walaupun ada wota bukan berarti pendukung suatu idol itu 100% wota. Sebagai sesama penggemar kita harus co-exist dan saling menghormati.

WOTAGEI
Wotagei adalah sorakan atau gerakan yang “Khas” dari Fans Idol grup saat mereka tampil.

MIX
Mix itu bagian dari WOTAGEI, sorakan atau gerakan yang dilakukan pada saat tertentu. MIX tidak cuma ada pada AKB48 bahkan MIX sudah dikenal sejak pertengahan tahun 90-an.

OSHIMEN
Arti OSHIMEN adalah member dari yang kita dukung, Kata OSHIMEN juga gabungan dari 2 kata, OSHI dan MEN Oshi artinya : didukung dan Men adalah singkatan dari MENBA, yang artinya Member (dalam bahasa Inggris) atau anggota (dalam bahasa Indonesia).

OSHIHEN
Oshihen adalah suatu SIKON (situasi dan kondisi) dimana seseorang ganti oshimen. hal ini dianggap kurang sopan oleh oshimen yang ditinggalkan.

SENBATSU
Senbatsu adalah Penyanyi Utama yang menyanyikan lagu lagu UTAMA (di AKB48 disebut lagu sisi A).

SENBATSU SOUSENKYO
Artinya adalah Pemilihan Penyanyi Utama (Senbatsu) yang digelar oleh AKB48 mulai tahun 2009 dan secara rutin satu tahun sekali biasanya dengan cara Voting dari penggemarnya. caranya penggemar di berikan tiket untuk memberikan voting biasanya di dapatkan dari single sebelumnya

JANKEN SENBATSU
Artinya Pemilihan Penyanyi utama dengan cara melakukan Kompetisi JANKENPON (suit Jepang)

UNDER GIRLS
Under girls adalah member yang poin votingnya di bawah senbatsu biasanya antara 20-40 dan mereka yang akan menyanyi di lagu sisi B

KAMI 7
dalam AKB48 ada 7 member yang popularitas nya tidak pernah goyah dalam SENBATSU SOUSENKYO
Mereka Adalah Atsuko Maeda, Yuko Oshima, Mariko Shinoda, Mayu Watanabe, Haruna Kojima, Minami Takahashi, Tomomi Itano. tapi pada SENBATSU SOUSENKYO ke – 3 ada satu nama yang merusak tradisi 7 Besar tersebut yaitu Yuki Kashiwagi.

KENKYUUSEI
Research Student atau bisa dibilang tim cadangan mereka adalah trainee di AKB48 sekarang banyak Fans yang OSHIHEN ke para kenkyuusei jika para senior mereka telah graduate AKB48 tidak mengadakan audisi lagi tetapi mengganti senior mereka dengan member dari tim cadangan atau kenkyuusei.

(dikutip dari berbagai Sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s